Thursday, March 26, 2015

Kota lama semarang, Jawa Tengah

 Kota Lama Semarang yaitu suatu citra visual yang mendatangkan kemegahan arsitektur Eropa di saat lampau. Disana banyak berdiri Bagunan-bangunan yang kuno, eksotis serta megah yang diwariskan Kolonial Belanda, seolah-olah menaruh banyak narasi yang tak akan pernah habis untuk diceritakan.

Kota lama semarang, Jawa Tengah

Di sekitar Kota Lama semarang di bangun juga kanal-kanal air yang keberadaanya masih tetap dapat dipandang sampai saat ini, walau kondisinya tak tertangani. Perihal ini pula yang menyebabkan Kota Lama semarang memperoleh julukan juga sebagai Little Netherland. Tempatnya yang terpisah dengan lanskap serupa dengan kota di Eropa dan kanal yang mengelilinginya bikin Kota Lama semarang seperti miniatur Belanda di Semarang.

Bangunan Kuno Kota Lama Semarang

Mercusuar Semarang


Dibangun pada th. 1884. Pembangunan mercusuar ini berkenaan dengan pembangunan kota Semarang sebagai kota Semarang juga sebagai kota Pelabuhan oleh Pemerintah kolonial untuk pengangkutan ekspor gula ke dunia. Ketika masa XIX Indonesia waktu itu bernama Hidia Belanda pernah tempati peringkat ke-2 sebagai penghasil gula dunia. Bangunan Mercusuar ini hanya satu di Jawa Tengah. Mercusuar ini ada di Pelabuhan Tanjung Emas.

Gereja Blenduk Semarang

Satu bangunan yang sangatlah popular serta mesti dikunjungi saat berkunjung ke Kota Lama Semarang yakni Gereja Blenduk yang berumur kian lebih dua 1/2 era. Gereja yang memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk serta saat ini masih tetap dipakai juga sebagai tempat beribadah sampai saat ini jadi Landmark Kota Semarang.

Lantaran orang-orang setempat terasa kesusahan dalam mengatakan nama dalam bhs Belanda, pada akhirnya menyebutnya blenduk lantaran memiliki atap berupa kubah berwarna merah bata yang di buat dari perunggu dan dua menara kembar di depannya. Pergantian nama juga berlangsung pada Jembatan Berok yang dahulu jadi pintu gerbang menuju Kota Lama. Kata burg yang bermakna jembatan ducapkan jadi berok serta nama itu selalu digunakan sampai saat ini.

Terkecuali Gereja Blenduk Semarang juga ada banyak bangunan kuno lainya, diantaranya :

  1. Mercusuar
  2. Stasiun Semarang Tawang
  3. Susteran Ordo Fransiskan
  4. Jembatan Mberok
  5. Bank Export Import Indonesia
  6. PT Djakarta Lloyd
  7. PT Pelni
  8. PT Perkebunan XV
  9. Kantor Paduan Koperasi Batik Indonesia

No comments:

Post a Comment